Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Latihan Lompat Dengan Rintangan Bertingkat Dan Rintangan Tetap Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Palu
Nama: MUTMAINNAH ACHMAD
Tahun: 2020
Abstrak
Mutmainnah Achmad, 2019. Pengaruh Latihan Lompat Dengan Rintangan Bertingkat Dan Rintangan Tetap Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Marhadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Latihan Lompat Dengan Rintangan Bertingkat Dan Rintangan Tetap Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas X SMAN 5 Palu yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian two group pretest-posttest design. Lokasi penelitian adalah di SMAN Palu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Jenis tesnya adalah kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Populasi penelitian ini berjumlah ±300 siswa sehingga penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan kriteria, (1) berusia 14 – 15 tahun, (2) bersedia menjadi sampel dan ingin mengikuti latihan, (3) tidak dalam keadaan sakit, dan (4) memiliki kemampuan dalam permainan lompat Jauh, sehingga diperoleh sampel 30 orang siswa . Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa : (1) ada pengaruh latihan lompat dengan rintangan bertingkat terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMAN 5 Palu dengan nilai t hitung 26,8387 > t tabel sebesar 2,145. (2) Ada pengaruh latihan lompat dengan rintangan tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa keas X SMAN 5 Palu dengan nilai t hitung 22,4550> t tabel sebesar 2,145 (3) ada perbedaan pengaruh antara latihan lompat dengan rintangan bertingkat dan rintangan tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X SMAN 5 Palu. Terbukti dengan peningkatan antara pre-test dan post-test lompat dengan rintangan bertingkat adalah 6.42 dengan mean deviasi 0,416 dan nilai t hitung 26,8387. Sedangkan lompat dengan rintangan tetap memperoleh peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 5.63 dengan mean deviasi 0,375 dan nilai t hitung 22,4554. Kata Kunci : Lompat rintangan, kemampuan, lompat Jauh gaya jongkok

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up