JudulSurvei Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lari Jarak Pendek |
Nama: MOH REZALDIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Moh. Rezaldin. 2020.”Survei Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lari Jarak Pendek. Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Hendrik Mentara. Permasalahan dalam peneltian ini yaitu minat siswa terhadap Pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek Di SMA Negeri 1 Sirenja.Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui besarnya Minat Siswa SMA Negeri 1 Sirenja Terhadap Pembelajaran atletik lari jarak dekat yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian angket dengan menggunakan teknik survei. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah sekolah SMA Negeri 1 Sirenja. Jenis angket yang digunakan berupa angket tanya jawab. Faktor-Faktor Minat yang diamati adalah Perhatian, Tertarik, Aktivitas, Keluarga, Sekolah, Lingkungan Penelitian minat siswa SMA Negeri 1 Sirenja terhadap pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek dapat dilihat bahwa faktor intrisik lebih dominan mendorong minat siswa untuk mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek, karena dihitung secara umum memiliki presentase 58,6 % masuk dalam kategori tinggi, dengan 3 indikator yaitu: perhatian 44,4 %, tertarik 62,9 %, aktivitas 68,5 % sedangkan faktor ekstrinsik 50,5 ?ngan 3 indikator yaitu: keluarga sebanyak 45,1 %, sekolah sebanyak 55,5 %, dan lingkungan sebanyak 53,4 %. Faktor intrisik dengan demikian, lebih mempengaruhi minat siswa SMA Negeri 1 Sirenja terhadap pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek. Jadi minat siswa terhadap pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek tergolong tinggi. Kata Kunci : Siswa, Minat, Pembelajaran Atletik Larik Jarak Pendek. |