JudulANALISIS FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BALAESANG |
Nama: AHMAD ARJANSYAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ahmad Arjansyah 2015. ” Analisis Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Balaesang ” . Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi . Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Yang dibimbing oleh Andi Sultan Brilin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar (2) untuk mengetahui hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa kelas xi di SMA Negeri 2 Balaesang. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitut teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik penarikan sampel adalah metode sampling jenuh atau sensus, dimana semua populasi digunakan sebagai responden yaitu sebanyak 32. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara inteligensi dengan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesahatan yang ditunjukan dengan semakin tinggi inteligensi yang diberikan maka akan semakin tinggi hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Selain inteligensi, sikap juga penentu dimana peran guru dapat mempengaruhi sikap siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mudah mencerna dan menerima materi yang disampaikan, dan menghargai suatu proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Selanjutnya tentang motivasi, dimana siswa akan termotivasi belajar apabila dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam, sehingga tidak membosankan. Terakhir yaitu tentang bakat bahwa bakat siswa dapat berkembang apabila mereka diberi kesempatan untuk bermain dan berkreativitas, fasilitas yang memadai, suasana aman dan bebas secara psikologis, diterapkannya disiplin yang tidak kaku, siswa boleh mempunyai gagasan sendiri dan dapat berpartisipasi secara aktif, dan memberi kebebasan berfikir kreatif dan partisipasi secara aktif. Kata Kunci : Inteligensi, Sikap, Motivasi dan Bakat. |