JudulHUBUNGAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMP NEGERI 1 SIRENJA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: Siti Khadijali |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan yang terjadi pada Siswa SMP Negeri 1 Sirenja Kabupaten Donggala yaitu tingkat pemahaman siswa mengenai pelajaran pendidikan jasmani para siswa masih banyak siswa yang hasil belajarnya mendapatkan nilai rendah. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui hubungan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman mata pelajaran pendidikan jasmani pada siswa SMP Negeri 1 Sirenja Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Desain atau rancangan yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sirenja Kabupaten Donggala sejumlah 216 orang siswa, sampel yang digunakan sejumlah 140 orang siswa diperoleh rumus menentukan ukuran sampel dari Slovin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan perhitungan menggunakan persentase dan teknik analisis korelasi sederhana dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,602 lebih besar dari nilai rtabel dengan df = n – 2 = 138 yaitu sebesar 0,166 (rhitung =0,602 ? rtabel = 0,166) dengan nilai koefisien determinansi atau sumbangan sebesar 0,362 atau sebesar 13,10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, varibel perilaku belajar sangat berhubungan dengan tingkat pemahaman para siswa khususnya siswa di SMP Negeri 1 Sirenja Kabupaten Donggala. Kata Kunci : Hubungan, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman, dan Pelajaran Pendidikan Jasmani. |