JudulMENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN FORMULA 1 (SPRINT, GAWANG, SLALOM) PADA SISWA KELAS V SDN 13 BIAU KABUPATEN BUOL |
Nama: NOLDY SONDAKH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Noldy Sondakh. 2019. Meningkatkan hasil belajar posisi lompat jauh jongkok melalui modifikasi permainan formula 1 (sprint, wicket, slalom) dari siswa kelas V SDN 13 Kabupaten Biau Boul. Program Studi Pendidikan dan Rekreasi Kesehatan. Pengetahuan Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Masalah utama dalam penelitian ini adalah hasil siswa di kelas V SDN Biau Buol kabupaten dalam belajar posisi jongkok lompat jauh masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui modifikasi game formula 1 dapat meningkatkan hasil belajar lompat jongkok siswa kelas V SDN 13 Kabupaten Biau Boul atau tidak. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 13 Kabupaten Biau Boul. Terdiri dari 23 siswa. Mereka adalah 11 laki-laki dan 12 perempuan. Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari empat bagian. Mereka adalah perencanaan, penelitian tindakan kelas, observasi, dan dianalisis melalui reduksi data, presentasi data, verifikasi data, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan indikator penelitian tindakan kelas diperoleh bahwa persentase pertumbuhan klasikal pembelajaran mencapai 65,22% pada siklus 1 pada hasil posisi jongkok lompat jauh. Namun pada siklus 11, persentase pertumbuhan pembelajaran klasikal meningkat menjadi 95,65%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modifikasi game formula 1 dapat meningkatkan hasil belajar posisi lompat jongkok siswa kelas V SDN 13 Biau. Kata kunci: posisi jongkok lompat jauh, modifikasi permainan formula 1, dan atletik |