JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Penjas SMA Negri 2 Palu |
Nama: ADHITYA PRASETYO |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Adhitya Prasetyo, 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Penjas Siswa SMA Negeri 2 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Sultan Brilin. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar. metode yang kurang tepat dapat menyebabkan siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang di ajarkan dan menyebabkan kesulitan karena metode yang digunakan tidak bervariasi, sehingga proses belajar mengajar menjadi membosankan, Untuk itu sebagai tenaga kependidikan harus mampu menerapkan strategi yang mampu meningkatkan atau membangkitkan motivasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournaments) dan tipe jigsaw terhadap motivasi belajar penjas siswa SMA Negeri 2 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest-postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel yang di gunakan adalah 30 siswa kelas X IPA 7 sebagai kelompok eksperimen untuk model pembelajaran tipe TGT, 30 siswa kelas X IPA 8 sebagai kelompok eksperimen untuk model pembelajaran tipe jigsaw dan 30 siswa kelas X IPA 6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes essai dan tes praktek yang telah di validasi oleh validator ahli. Pengujian data motivasi siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisa data, diperoleh nilai ratarata kelompok eksperimen tipe TGT adalah 14,57, diperoleh thitung = 2,16 dan ttabel = 1,67. Nilai rata-rata kelompok eksperimen tipe jigsaw adalah 14,50, diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dan kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Palu. |