JudulSurvei Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) Pemain Bola Voli Pada Siswa Putri Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Balinggi |
Nama: NILUH GEDE ARTINIATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Niluh Gede Artiniati. 2019. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) Pemain Bola Voli Putri Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Balinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Jumain, Pembimbing (II) Tri Murtono. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana tingkat kesegaran jasmani indonesia (TKJI) pada siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Balinggi ?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani indonesia (TKJI) pada siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Balinggi . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 24 orang siswa putri ekstrakurikuler bola voli. teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga mengambil sampel dari keseluruhan jumlah populasi yakni 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik tes dan pengukuran. Jenis tes adalah tes kesegaran jasmani. Berdasarkan hasil tes kesegaran jasmani diperoleh hasil tes yaitu kategori baik sekali (BS) dan kategori Baik (B) yaitu 0%, tingkat kesegaran jasmani kategori Sedang (S) dicapai oleh 3 siswa dengan persentase 12,5%, tingkat kesegaran jasmani kategori kurang (K), dicapai sebanyak 17 siswa dengan persentase 70,83 %, kategori kurang sekali (KS) dicapai oleh 4 siswa dengan persentase 16,67%. Dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa dengan rata-rata perolehan nilai 11,5, sesuai norma penilaian tingkat kesegaran jasmani masuk dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kesegaran jasmani indonesia (TKJI) pada siswa putri ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Balinggi secara keseluruhan masih dalam kategori kurang (K). Kata Kunci: Survei, Tingkat Kesegran Jasmani, Bola Voli |