Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MEMBACA PUISI DI KELAS V SD INPRES BALONGGA
Nama: DELVITRIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Delvitriana. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Membaca puisi Di kelas V SD Inpres Balongga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Yun Ratna Lagandesa Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Balongga. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari Bambu. Penelitian ini memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan (b) Pelaksanaan Tindakan (c) Observasi (d) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Balongga yang berjumlah 14 orang siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 63,57%, Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 250% serta hasil observasi aktivitas guru sebesar 61,53?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 76,92%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Individu (DSI) siswa sebesar 72,85% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 92,85% serta hasil observasi aktivitas guru sebesar 92,30?n hasil observasi aktivitas siswa sebesar 78,46%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Membaca puisi Di kelas V SD Inpres Balongga.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up