Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE AMPAS KELAPA DI KELOMBOK B TK AS NUR
Nama: ROSMA USMAN
Tahun: 2025
Abstrak
Rosma Usman, 2025. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Ampas Kelapa Di Kelompok B Tk As Nur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Besse Nirmala, M.Pd (2) Amrullah S.Pd., M.Pd Rendahnya kemampuan motorik halus anak menjadi latar belakang penelitian ini. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya stimulasi yang tepat dalam proses pembelajaran, sehingga anak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas yang memerlukan koordinasi otot kecil, seperti menulis dan mengancing baju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK AS NUR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing satu pertemuan, dengan subjek sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas guru masih cukup dan sebagian besar anak berada pada kategori “Cukup” hingga “Kurang”, dengan hanya sedikit yang mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, seperti penggunaan media kolase yang lebih bervariasi dan keterlibatan aktif guru, terjadi peningkatan yang signifikan. Beberapa anak mencapai kategori “Sangat Baik” dan tidak ada lagi yang berada dalam kategori “Kurang”. Anak mulai mampu melakukan kegiatan kolase dengan lebih percaya diri, tepat, dan terarah. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatkolase merupakan metode yang efektif untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini. Kata Kunci: Motorik halus, anak usia dini, kegiatan kolase

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up