Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK NURIS LAMBARA
Nama: RIAN YUNIKA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Rian Yunika, 2025. Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf melalui Media Kartu Kata di Kelompok B TK Nuris Lambara Kecamatan Tawaeli. Skripsi, Program Studi PG PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hesti Putri Setia Ningsih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Armina, M.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf melalui penggunaan media kartu kata di kelompok B TK Nuris Lambara Kecamatan Tawaeli. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak pada kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kemampuan anak dalam mengenal, menyusun, dan menyebutkan huruf masih rendah dengan persentase ketuntasan 53,33?n termasuk dalam kategori "belum mampu". Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan hingga mencapai 95,55?ngan kategori "mampu". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf di kelompok B TK Nuris Lambara Kecamatan Tawaeli. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Kata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up