| JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI AGAMA ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK HARAPAN MULIA |
| Nama: LIVAN |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Livan (2025). “Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Agama Anak Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK Harapan Mulia Palu”. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati, Pembimbing (2) Sita Awalunisah, Penguji Utama Andi Agusniatih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman nilai-nilai agama anak melalui metode demonstrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama anak, 2) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama anak melalui metode demonstrasi, 3) Manfaat penelitian ini, Secara keseluruhan, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman nilai-nilai agama anak melalui metode demonstrasi meningkat, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam praktek pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rencana Tindakan yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi, yang dilakukan 4 kali Tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak, selanjutnya dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan, aspek berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, Berkembang Sesuai Harapan 6,66%, Mulai Berkembang 46,66?n Belum Berkembang 33,33%, aspek menirukan gerakan berwudhu kategori Berkembang Sangat Baik 6,66%, Berkembang Sesuai Harapan 13,33%, Mulai Berkembang 46,66?n Belum Berkembang 33,33%, aspek menirukan gerakan shalat kategori Berkembang Sangat Baik 13,33%, Berkembang Sesuai Harapan 6,66%, Mulai Berkembang 33,33?n Belum Berkembang 46,66%. Setelah dilakukan Tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama anak, terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Pemahaman Nilai-nilai Agama anak, Metode Demonstrasi |