JudulMENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI KELOMPOK B TK PERTIWI LANGKO |
Nama: IMELDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Imelda (2025). "Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok di Kelompok B TK Pertiwi Langko" Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (1) Dr. Andi Agusniatih, (2) Sri Nurhayati, Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perilaku sosial anak. Permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana metode kerja kelompok dapat meningkatkan perilaku sosial anak di Kelompok B TK Pertiwi Langko, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan perilaku sosial anak melalui penerapan metode kerja kelompok di Kelompok B TK Pertiwi Langko, Manfaat penelitian ini, secara teoritis penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan teori pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam meningkatkan perilaku sosial. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpull an dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak didik, selanjutnya dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan perilaku berbagi kategori BSB tidak ada, BSH (7,14%), MB (14,29%), dan BB (78,57%), perilaku kerjasama kategori BSB tidak ada, BSH (14,29%), MB (14,29%), dan BB (71,42%), perilaku tolong menolong kategori BSB tidak ada, BSH (7,14%), MB (7,14%), dan BB (85,71%) Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan perilaku sosial anak melalui metode kerja kelompok di Kelompok B TK Pertiwi Langko terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II Kata kunci: perilaku sosial anak, kerja kelompok |