| JudulMENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK B TK ADHYAKSA XXII PALU |
| Nama: FEIBY MARGARETHA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK FEIBY MARGARETHA 2025 Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di Kelompok B Tk Adhyaksa XXII Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Hj. Shofiyanti Nur Zuama, Pembimbing (II) Nur Istiana Makarau. Rendahnya perkembangan bahasa anak disebabkan oleh kurangnya interaksi dalam menjawab pertanyaan guru, anak kurang terlibat selama proses pembelajaran, dan anak mengalami kendala dalam mengucapkan beberapa kalimat dengan baik. Pendekatan dan media dalam pembelajaran belum membantu perkembangan bahasa anak. Oleh karena itu, mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bahasa yang dibutuhkan anak adalah melalui metode bercerita dalam pembelajaran. Metode bercerita dipilih karena kemampuannya dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, interaktif, dan imajinatif. Sehingga dapat memperlancar pemerolehan bahasa secara alami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali tindakan. Observasi dilakukan selama kegiatan berlangsung baik pada siklus pertama maupun siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan pada seluruh indikator perkembangan bahasa anak setelah diberikan tindakan. Perkembangan bahasa anak menunjukkan adanya peningkatan dengan kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan pada siklus 1 sebesar 50%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 80%, sehingga peningkatan yang terjadi sebesar 30%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Adhyaksa XXII Palu. Kata Kunci: Perkembangan bahasa anak; metode bercerita; pendidikan anak usia dini |