| JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI STORY TELLING DI KELOMPOK B TK DASA WISMA KETONG |
| Nama: DINA PURNAMASARI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Dina Purnamasari (2025). “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Story Telling di Kelompok B TK Dasa Wisma Ketong”. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati (2) Armina, Dosen Penguji Andi Agusniatih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak melalui story Telling. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah pemahaman bahasa lisan anak dapat ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran storytelling di kelompok B TK Dasa Wisma Ketong, 2) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak melalui penerapan pembelajaran story Telling, 3) Manfaat penelitian ini, Secara keseluruhan, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan berbahasa lisan anak melalui storytelling meningkat, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam praktik pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, pemberian tugas serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak didik, selanjutnya dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan aspek kelancaran bercerita kategori BSB 20%, BSH tidak ada, MB 30%, dan BB 50%, aspek ketepatan bercerita kategori BSB 10%, BSH tidak ada, MB 40%, dan BB 50%, aspek kosakata kategori BSB tidak, BSH tidak ada, MB 50%, dan BB 50%. Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak melalui story Telling terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Kemampuan berbahasa lisan, story Telling |