Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI KEGIATAN PENGENALAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA TAIPA
Nama: TUTY FURNIA
Tahun: 2025
Abstrak
Tuty Furnia (2025). “Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Melalui Kegiatan Pengenalan Buku Cerita Bergambar di Kelompok B TK Negeri Pembina Taipa”. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Hesti Putri Setianingsih (2) Sita Awalunisah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi anak melalui kegiatan pengenalan buku cerita bergambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah ada peningkatan kegiatan pengenalan buku cerita bergambar dalam kemampuan literasi anak, 2) Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan kemampuan literasi anak melalui kegiatan pengenalan buku cerita bergamabar, 3) Manfaat penelitian ini, Secara keseluruhan, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan literasi anak melalui kegiatan pengenalan buku cerita bergambar meningkat, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam praktik pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, pemberian tugas serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak didik, selanjutnya dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan aspek pengenalan huruf dan kata kategori Berkembang Sangat Baik 20%, Berkembang Sesuai Harapan tidak ada, Mulai Berkembang 30%, dan Belum Berkembang 50%, aspek pemahaman cerita dan kosakata kategori Berkembang Sangat Baik 10%, Berkembang Sesuai Harapan tidak ada, Mulai Berkembang 40%, dan Belum Berkembang 50%, aspek partisipasi dan minat kategori Berkembang Sangat Baik tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan tidak ada, Mulai Berkembang 50%, dan Belum Berkembang 50%. Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan literasi anak melalui kegiatan pengenalan buku cerita bergambar terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Kemampuan literasi anak, buku cerita bergambar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up