Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KOGNITIF ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) BOLA HURUF DIKELOMPOK B TK ALKHAIRAAT BALAMOA KAB.SIGI
Nama: YULIANTI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK YULIANTI 2025, Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Bola Huruf DiKelompok B TK Alkhairaat Balamoa Kab.Sigi.Skripsi,Program Studi S1 PG-PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tadulako pembimbing (I) Shofiyanti Nur Zuama pembimbing (II) Armina Muhtar (III) Andi Agusniatih Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak yang secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui kegiatan Permainan Edukatif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak di TK Alkhairaat Balamoa Kab.Sigi Setting Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Alkhairaat Balamoa Kab.Sigi yang berjumlah 20 anak terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki- laki.penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di mulai dari perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi, yang dilakukan 3 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi ,tanya jawab pemberian tugas dan dokumentasi, dan alat yang digunakan adalah lembar observasi baik untuk aktivitas Guru maupun murid. Selanjutnya dianalisis secara presentasi untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan kemampuan kognitif anak dalam aspek berpikir simbolik mengenal huruf ABCD - ABCD sangat baik 5%, baik 15% cukup 15?n kurang 65%,dalam Kegiatan melangkah dalam permainan melempar bola huruf sangat baik 5%, baik 10% cukup 40?n kurang 45%, aspek Kegiatan melangkah dalam permainan melempar bola huruf sangat baik 10%, baik 20% cukup 45?n kurang 25%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Permainan Edukatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, terbukti adanya peningkatan kognitif dari siklus satu ke siklus dua dalam aspek menyusun huruf ABCD - ABCD sangat baik dari 30% menjadi 50%, baik dari 20% menjadi 35%, cukup dari 10% menjadi 15%, dan kurang, dari 40% menjadi 0%. Kegiatan melangkah dalam permainan melempar bola huruf sangat baik dari 25% menjadi 45%, baik dari 25% menjadi 40%, cukup dari 20% menjadi 15%, dan kurang, dari 30% menjadi 0%. aspek Kegiatan melangkah dalam permainan melempar bola huruf sangat baik dari 35% menjadi 60%, baik dari 25% menjadi 25%, cukup dari 20% menjadi 15%, dan kurang, dari 20% menjadi 0%. Maka dapat disimpulkan bahwa kognitif anak dapat berkembang melalui kegiatan Permainan Edukatif .Oleh karena itu ada pengaruh kegiatan Permainan Edukatif terhadap keterampilan kognitif anak. Kata Kunci : Kreativitas Anak dan kegiatan Permainan Edukatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up

https://bskap.kemendikdasmen.go.id/ https://bku.untad.ac.id/ https://bk.untad.ac.id/ https://martec.hangtuah.ac.id/ https://upapkk.untad.ac.id/ https://heylink.me/pisangbetqris https://skripsi.fk.uwks.ac.id/ https://tik.untad.ac.id/ https://simpeg-dbman.untirta.ac.id/ https://lppd.pacitankab.go.id/