Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TK SEATAP POMBEWE
Nama: ROS DOSALEMBA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ros Dosalemba, (2025). Meningkatkan Kemampuan Anak Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B TK Seatap Pombewe. Skripsi Program Studi PG-PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Amrullah. Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Penguji Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berbicara belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, melalui metode bermain peran. Setting dan subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK Seatap Pombewe yang berjumlah 15 anak, terdaftar pada tahun 2025/2026. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi, data dianalisa dengan teknik persentase. Data pra tindakan dari ketiga aspek yang diamati terdapat 0 orang anak (0,00%) yang masuk kategori berkembang sangat baik (BSB), 3 orang anak (6,67%) yang masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 5 orang anak (11,11%) yang masuk kategori mulai berkembang (MB), dan 37 orang anak (82,22%) yang masuk kategori belum berkembang (BB). Setelah dilakukan tindakan, disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan anak berbicara di Kelompok B TK Seatap Pombewe. Terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan anak berbicara dari siklus I ke siklus II, ketiga aspek yang diamati kategori BSB, BSH, dan MB dari 48,89% meningkat menjadi 97,78%. Secara umum rata-rata peningkatan untuk kategori BSB, BSH, dan MB sebesar 48,89%, namun masih terdapat 1 anak atau sekitar 6,67% yang masuk kategori Belum Berkembang (BB) atau belum menunjukkan kemampuan berbicaranya Kata Kunci: Berbicara, Metode Bermain Peran, Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up