Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MAMBORO
Nama: NUZLIA QUR’ANI
Tahun: 2025
Abstrak
Nuzlia Qur’ani, (2025). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Di Kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Mamboro. Seminar Hasil Program Studi PG-PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Pak Amrullah. Pembimbing (II) Ibu Arminah. Penguji Ibu Fitriana. Masalah dalam penelitian ini adalah kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan konitif anak dengan menggunakan media kartu angka. Desain penelitian menggunakan model alur Kemmis dan Mc. Taggart setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting dan subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mamboro berjumlah 10 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pemberian tugas. Jenis data adalah data kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase. Data pra tindakan kemampuan anak dengan mengamati kartu angka dan menyebutkannya BSB 20,00%, BSH 20,00%, MB 20,00%, dan BB 40,00%. Kemudian kemampuan anak mengurutkan kartu angka berdasarkan urutannya yang diberikan kategori BSB 10,00%, BSH 20,00%, MB 30,00%, dan BB 40,00%. Dan kemampuan anak mengenal lambang bilangan dengan kategori BSB 20,00%, BSH 20,00%, MB 30,00%, dan BB 30,00%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu angka dapat meningkatkan kognitif anak, terbukti ada peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II anak mengamati kartu angka dan menyebutkannya BSB dan BSH dari 36,67% menjadi 80,00% (20,00%), kemampuan anak mengrutkan kartu angka sesuai urutannya yang diberikan kategori BSB dan BSH dari 46,67% menjadi 80,00% (33,33%), kemudian kemampuan anak mengenal lambang bilangan dengan kategori BSB dan BSH dari 36,67% menjadi 80,00% (46,66%). Secara umum terjadi peningkatan rata- rata 40,00?ri siklus I ke siklus II, walaupun masih ada anak yang belum meningkat kognitifnya tetapi hanya berkisar 6,67?ri masing-masing aspek yang diamati. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kognitif, Kartu Angka

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up