JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA GAMBAR 3 DIMENSI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA PALU UTARA |
Nama: EKA YANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Eka Yanti (2025). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Gambar 3 Dimensi Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara”. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana (2) Sita Awalunnisa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak melalui media gambar 3 dimensi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana media gambar 3 dimensi dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara, 2) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi media gambar 3 dimensi dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Palu Utara, 3) Manfaat penelitian ini, Secara keseluruhan, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan kognitif melalui media gambar 3 dimensi meningkat, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam praktik pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, pemberian tugas serta alat yang digunakan adalah lembar observasi anak didik, selanjutnya dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan aspek persepsi visual kategori BSB 11,11%, kategori BSH 11,11%, kategori MB 38,89%, dan kategori BB 38,89%, aspek daya ingat (memori) kategori BSB 16,67%, kategori BSH 11,11%, kategori MB 38,89%, dan kategori BB 33,33%, aspek imajinasi kategori BSB 11,11%, kategori BSH 16,67%, kategori MB 44,44%, dan kaategori BB 27,78%. Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui media gambar 3 dimensi terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Kemampuan kognitif, Media gambar 3 dimensi, Anak Usia Dini |