| JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AL-HIDAYAH LOLU |
| Nama: RAHMA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Rahma (2025). “Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Kelompok B2 TK AL-Hidayah Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Ibu Hj. Shofiyanti Nur Zuama Pembimbing (2) Ibu Fitriana (3) Penguji Utama Ibu Nurhayati. Tujuan penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase dapat meningkatkan kreativitas anak. Manfaat penelitian ini secara keseluruhan tidak hanya bertujuan untuk melihat sejauh mana kreativitas kegiatan kolase pada anak, tetapi juga untuk memberikan kontribusi nyata dalam praktik pendidikan yang lebih baik dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, pemberian tugas dan dokumentasi serta alat yang digunakan adalah lembar observasi baik untuk guru maupun peserta didik. Selanjutnya, dianalisa secara persentase untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan aspek kelancaran kategori BSB 13,64%, BSH 18,18%, MB 31,82?n BB 36,36%, aspek kelenturan kategori BSB tidak ada, BSH 13,63%, MB 31,82?n BB 54,55%, aspek elaborasi kategori BSB tidak ada, BSH 22,73%, MB 36,36?n BB 49,91%. Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas kolase pada anak, terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Kolase |