Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B TK Permata Bunda Desa Loli Oge
Nama: DEASI ARISTA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Deasi Arista, (2025). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B TK Permata Bunda Desa Loli Oge. Skripsi Program Studi PG-PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Shofiyanti Nur Zuama. Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Penguji Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal angka di kelompok B TK Permata Bunda Desa Loli Oge belum berkembang sesuai harapan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal angka melalui permainan ular tangga di kelompok B TK Permata Bunda Desa Loli Oge. Desain penelitian tindakan kelas ini mengikuti model diagram alur Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting penelitian ini dilaksanakan di TK Permata Bunda Desa Loli Oge. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara/tanya jawab dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif terkait dengan meningkatnya kemampuan anak mengenal angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pertama terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Menyebutkan lambang bilangan 1-10 kategori BSB, BSH, dan MB dari (40,00%) meningkat menjadi (93,33%). Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya – kegiatan berjalan melangkah di papan permainan ular tangga kategori BSB, BSH, dan MB dari (60,00%) meningkat menjadi (100%). Aspek kedua bersifat eksploratif dan menyelidik – anak melemparkan dadu dalam permainan ular tangga kategori BSB, BSH, dan MB dari (66,67%) meningkat menjadi (100%). Rata-rata peningkatan yang terjadi sebesar (53,33%), walaupun masih ada (2,22%) kategori belum berkembang. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal angka di kelompok B TK Permata Bunda Desa Loli Oge. Kata Kunci: Angka, Permainan Ular Tangga, Anak PAUD.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up