Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK A TK AL-KHAIRAAT KAYUMALUE NGAPA
Nama: FATMAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
Fatmawati, (2025). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelompok A TK Al-Khairaat Kayu Malue Ngapa. Skripsi Program Studi PG-PAUD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Hesti Putri Setianingsih. Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Penguji Nurhayati. Masalah dalam penelitian ini adalah kedisiplinan anak belum berkembang sesuai harapan (BSH). Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak dengan menggunakan metode pemberian tugas. Desain penelitian menggunakan model alur Kemmis dan Mc. Taggart setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting dan subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Al-Khairaat Kayu Malue Ngapa berjumlah 15 anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pemberian tugas. Jenis data adalah data kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase. Data pra tindakan kemampuan anak dengan datang ke sekolah tepat waktu kategori berkembang sangat baik (BSB) 6,67%, berkembang sesuai harapan (BSH) 13,33%, mulai berkembang (MB) 26,67%, dan belum berkembang (BB) 53,33%. Kemudian kemampuan anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan kategori berkembang sangat baik (BSB) 13,33%, berkembang sesuai harapan) BSH 20,00%, mulai berkembang (MB) 20,00%, dan belum berkembang (BB) 46,67%. Dan kemampuan anak yang tertib dalam mengikuti pembelajaran dengan kategori berkembang sangat baik (BSB) 13,33%, berkembang sesuai harapan (BSH) 13,33%, mulai berkembang (MB) 26,67%, dan belum berkembang (BB) 46,67%. Setelah dilakukan tindakan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kedisiplinan anak, terbukti ada peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II anak datang ke sekolah tepat waktu kategori berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) dari 40,00% menjadi 80,00% (40,00%), kemampuan anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan kategori berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) dari 46,67% menjadi 80,00% (33,33%), kemudian kemampuan anak yang tertib dalam mengikuti pembelajaran dengan kategori berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) dari 40,00% menjadi 86,66% (46,66%). Secara umum terjadi peningkatan rata-rata 40,00?ri siklus I ke siklus II, walaupun masih ada anak yang belum meningkat kedisiplinannya tetapi hanya berkisar 6,67?ri masing-masing aspek yang diamati. Kata Kunci: Kedisiplinan Anak, Metode Pemberian Tugas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up