Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEGIATAN PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SAMPOROA
Nama: DWI ELYANUR
Tahun: 2025
Abstrak
Dwi Elyanur, 2025. “Pengaruh Kegiatan Permainan Tradisional Ular Tangga Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Samporoa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Di bawah pengawasan Didik Purwanto, Amrullah, Andi Agusniatih. Kesulitan siswa dalam melakukan kegiatan keterampilan motorik kasar anak menjadi masalah sehingga tujuan penelitian ini untuk memberikan peningkatan kegiatan keterampilan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional ular tangga sebagai media. Sampel yang digunakan adalah anak kelompok B sebanyak 12 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan lembar observasi anak yang terdiri dari lembar observasi sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil lembar observasi nilai terendah sebelum perlakuan adalah 3 dan sesudah perlakuan adalah 6 sedangkan hasil lembar observasi tertinggi sebelum perlakuan adalah 10 dan sesudah perlakuan adalah 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan tradisional ular tangga efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina Samporoa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up