Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SILADARMA TAMBAROBONE, KAB. MOROWALI UTARA
Nama: AYU KARTIKASARI
Tahun: 2025
Abstrak
Ayu Kartikasari, (2025), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK PGRI Siladarma Tambarobone, Kabupaten Morowali Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Durrotunnisa; (2) Fitriana. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan, terlihat dengan kurangnya kemampuan menyebutkan dan menjawab pertanyaan akibat dari terbatasnya pengembangan model dan strategi pembelajaran yang di terapkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi sampel adalah 22 anak di kelompok B TK PGRI Sila Darma Tambarobone. Teknik pengumpulan data adalah pretest dan posttest, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan kognitif anak sudah berkembang sesuai harapan hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata rekapitulasi kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada eksperimen pencampuran warna dalam 3 aspek menyebutkan warna, mengamati pencampuran warna, dan membedakan warna dasar dan hasil pencampuran warna sebelum perlakuan terdapat 6,06% kategori BSB, 36,37% kategori BSH, 34,85% kategori MB, dan 22,72% kategori BB. Selanjutnya hasil rata-rata rekapitulasi sesudah perlakuan terdapat 25% kategori BSB, 38% kategori BSH, 30% kategori MB, dan 7% kategori BB. Melihat perolehan tersebut, bahwa penggunaan kegiatan eksperimen dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap perkembangan kognitif anak, melalui kegiatan eksperimen pencampuran warna berkelompok. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel 4.8 dimana pada setiap aspek yang diamati mengalami peningkatan. Dari 22 anak di kelompok B TK PGRI Siladarma Tambarobone yang menjadi sampel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up