| JudulPENGEMBANGAN MEDIA BUKU EKSPERIMEN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO |
| Nama: WINDI ARINI |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Windi Arini, 2025. Pengembangan Media Buku Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Melati Tondo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih; (2) Fitriana; (3) Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ekperimen sains untuk perkembangan kognitif anak usia 5- 6 tahun. Penelitian yang dilakukan tergolong penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasion, and Evaluation). Subjek pada penelitian ini berjumlah 15 anak, 8 perempuan dan 7 laki-laki di kelompok B4 di TK Negeri Pembina Melati Tondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media buku eksperimen sains secara signifikan mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia 5-6, dalam tiga aspek yaitu belajar dan pemecah masalah, aspek berpikir logis, dan aspek simbolik. Data hasil pengamatan maupun respon anak yang diperoleh peneliti dilapangan berupa kegiatan dari media buku eksperimen sains terhadap perkembangan kognitif anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Penerapan Media Buku Ekperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak pada penelitian ini dengan mengenalkan kepada anak tentang buku eksperimen sains untuk mengembangkan kognitif anak usia dini. Implikasi terhadap penelitian ini menunjukkan bahwa media buku eksperimen sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dapat membantu anak untuk belajar dam pemecah masalah,berpikir logis, dan berpikir simbolik. Kata Kunci: Media Buku Eksperimen Sains, Kognitif, Anak Usia 5-6 Tahun. |