JudulKEEFEKTIFAN METODE BERCERITA TERHADAP SIKAP DISPLIN ANAK DI TK YPPI DONGGALA KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: NURUL FAUZIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurul Fauzia, 2025, “Keefektifan Metode Bercerita Terhadap Sikap Displin Anak Di Kelompok B Tk Yppi Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih 2) Hesti Putrì Setianingsih Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bercerita dalam meningkatkan sikap displin anak usia dini, di kelompok B TK YPPI Donggal, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala. Displin merupakan nilai karakter penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini melalui kegiatan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Metodebercerita dipilih karena mengandung nilai-nilai moral yang dapat menyentuh perasan anak dan membentuk karakter secara alami. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan eksperimen model One Group Pretest-posttest Design. Subjek penelitian tredici Dari 15 anak usia dini 5-6 tahun.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan dalam aspek sikap displin anak setelah diberikan perlakuan berupa metode bercerita sebelum perlakuan sebagaian besar anak berada pada kategori “Belum Berkembang”(BB)dan “Mulai Berkembang”(MB),namun setelah perlakuan terjadi peningkatan ke kategori “Berkembang Sesuai Harapan”(BSH) dan “Berkembang Sangat Baik”(BSB). Hasil analisis uji-t menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap peningkatan sikap displin anak. Kata kunci:Metode Bercerita Displin Anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),Pembelajaran Karakter TK Di YPPI Donggala |