JudulPeran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia 4 - 5 Tahun DI TK Aisyiyah Bustahnul Athfal VIII Palu |
Nama: MUNIFAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Munifah, 2025, “Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustahnul Athfal VIII Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Hesti Putri Setyaningsih (2) Nur Istiana Makarau. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan masa keemasan (golden age) yang sangat menentukan perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Pada usia 0–6 tahun, otak berkembang pesat sehingga stimulasi, khususnya dalam bidang bahasa, sangat penting. Bahasa berperan sebagai alat komunikasi utama dalam mengekspresikan pikiran, perasaan, dan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran komunikasi orang tua dalam meningkatkan kecerdasan bahasa anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% anak akrab dengan orang tua, 100% anak terbuka serta mendapat perhatian yang baik. Orang tua melakukan komunikasi setiap hari meskipun terdapat tantangan seperti emosi dan keterlambatan bicara. Semua anak mampu mengucapkan lebih dari 10 kosakata dan merespon secara positif saat menggunakan kalimat lengkap. Komunikasi antara orang tua dan anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Kesimpulannya, komunikasi orang tua berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan bahasa anak usia 4–5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VIII Palu, dengan orang tua sebagai model bahasa yang baik melalui interaksi verbal yang aktif. Kata Kunci : Komunikasi Orang Tua, Bahasa Anak usia 4-5 Tahun |