| JudulPENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI TK ILMI AMALIA KOTA PALU |
| Nama: YULIANA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Yuliana (2025). “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Ilmi Amalia Kota Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulaku. Pembimbing (1) Durrotunnisa, (2) Amrullah Penelitian ini mengindentifikasi masalah terkait pengembangan media Pop-up Book yang belum berkembang sesuai harapan, berdasarkan observasi awal. Tujuan penelitian adalah pengembangan media pop-up book dalam mengembangkan kemampuan kognitif. Jenis peneitian yang digunakan adalah penelitian riset dalam rangka R & D (Research and Development). Penelitian dan pengembangan adalah metode penlitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk, melibatkan 15 anak terdiri dari 8 anak perampuan, 7 anak laki-laki, di TK Ilmi Amalia Kota Palu. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Menggunakan media Pop-up Book di TK Ilmi Amalia Kota Palu terdapat beberapa anak yang sudah berekembang dalam aspek mengenal konsep waktu,mengenal angka dan keterampilan memecahkan masalah dapat dilihat dari sebeluum dan sesudah diberikan perlakuan penyajian materi dan simulasi menggunakan media Pop-up Book. Adapun aspek yang paling berkembang yaitu mengenal konsep waktu dan mengenal angka dimana sesudah perlakuan menggunakan media Pop-up Book semua anak sudah berkembang. Hal ini menunjukan bahwa media Pop-up Book dapat menstimulasi 3 aspek perkembangan anak usia dini, walaupun begitu pada aspek mengenal konsep waktu masih ada 2 anak yang beleum berkembang. Kata Kunci: Media Pop-up Book,Kognitif |