Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Kelompok B Tk Negeri Pembina Samporoa
Nama: RAMLAH
Tahun: 2025
Abstrak
Ramlah, 2025, ”Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Kelompok B TK Negeri Pembina Samporoa” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Amrullah Masalah utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran sains anak belum berkembang sesuai harapan, hal itu dapat dilihat masih banyak anak yang belum mengenal benda cair, masih banyak juga anak yang belum mengenal benda larut dan tidak larut, dan masih banyak anak yang belum mampu mencampurkan warna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran sains anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Sebjek penelitian ini melibatkan 17 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data hasil rekapitulasi pengamatan pembelajaran sains anak usia dini sebelum diberikan perlakuan pada aspek mengenal benda cair, larut dengan tidak larut, dan mencampurkan warna. Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 0%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 13,72%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 15,69%, dan kategori Belum Berkembang (BB) terdapat 70,59%. Setelah diberikan perlakuan yaitu kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 23,53%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 29,41%, kategori Mulai Berkembang (MB) terdapat 35,29%, dan kategori Belum Berkembang (BB) terdapat 11,77%. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t dipeoleh nilai t hitung < tabel> t tabel 1.656, dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi dalam pembelajaran sains anak usia dini kelompok B TK Negeri Pembina Samporoa. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran Sains, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up