Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDampak Pemanfaatan Tayangan YouTube & Pengenalan YouTube Kids Pada Pengembangan Nilai Moral Anak Di Kelompok B RA Al Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan
Nama: NUR ANNISA LASAIP
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Annisa Lasaip. 2025. Dampak Pemanfaatan Tayangan YouTube & Pengenalan YouTube Kids pada Pengembangan Nilai Moral Anak di Kelompok B RA Al Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Shofiyanti Nur Zuama; Dosen Pembimbing (II) Mohamad Akbar. Masalah dalam penelitian ini terletak pada nilai moral anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemanfaatan tayangan YouTube & pengenalan YouTube Kids pada pengembangan nilai moral anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 15 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki, dan 9 anak perempuan pada semester ganjil tahun 2024-2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Sesuai hasil pengamatan pengembangan nilai moral terlihat pada perubahan nilai moral anak dalam aspek kejujuran, sopan santun, dan tanggung jawab. Sebagian besar anak berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Adanya tayangan YouTube & pengenalan YouTube Kids ini, orang tua dan guru merasa sangat terbantu dalam menyesuaikan konten dengan usia anak, serta bisa memfilter (menyaring) tayangan-tayangan yang tidak layak ditonton oleh anak. Hal ini menunjukkan bahwa tayangan YouTube & pengenalan YouTube Kids ini memiliki dampak yang beragam terhadap nilai moral anak di kelompok B RA Al Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Kata Kunci : Dampak; Pemanfaatan; YouTube; YouTube Kids; Nilai Moral, Anak Usia Dini (AUD)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up