JudulPengembangan Media Sensory Play Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak Kelompok B Di RA Alkhairaat Dupa Indah |
Nama: MAGHFIRA NALI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Maghfira Nali, 2025. Pengembangan Media Sensory Play dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak Kelompok B di RA Alkhairaat Dupa Indah Kecematan Mantikulore. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Shofiyanti Nur Zuama; (2) Sita Awalunisah. Masalah dalam penelitian ini terletak pada kemampuan motorik anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media sensory play dalam menstimulasi kemampuan motorik anak. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun subjek penelitian ini berjumlah 24 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi tahap akhir pada media sensory play, diperoleh 3,80?n ahli media 3,96%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media sensory play dikatakan sangat layak dalam menstimulasi kemampuan motorik anak. Hasil pengamatan dan respon anak setelah memainkan media sensory play, pada aspek keterampilan menggunakan tangan kanan, ada 5 anak (21%) kategori BSB, ada 14 anak (58%) kategori BSH, dan ada 5 anak (21%) kategori MB. Aspek keterampilan menggunakan tangan kiri ada 4 anak (17%) kategori BSB, ada 13 anak (54%) kategori BSH, dan ada 7 anak (29%) kategori MB. Aspek keterampilan menggunakan kaki kanan ada 7 anak (29%) kategori BSB, ada 10 anak (42%) kategori BSH, dan ada 7 anak kategori MB. Aspek keterampilan menggunakan kaki kiri, ada 5 anak (21%) kategori BSB, ada 12 anak (50%) kategori BSH, dan ada 7 anak (29%) kategori MB. Hal ini menunjukkan bahwa produk media sensory play termasuk sangat layak dan diakui sangat baik, serta dapat digunakan sebagai bahan ajar atau media pembelajaran dalam menstimulasi kemampuan motorik (baik halus maupun kasar) bagi anak di PAUD. Kata Kunci: Pengembangan; Media Sensory Play; Stimulasi; Kemampuan Motorik; Anak Usia Dini (AUD). |