Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO
Nama: ANNISA PRATIWI
Tahun: 2025
Abstrak
Annisa Pratiwi (2025) “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkata Keterampilan 4C Di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Andi Agusniatih II : Zakiyatul Imamah Dalam penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai keterampilan 4C anak yang belum berkembang sesuai harapan, yang terlihat dari observasi awal yang dilakukan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan keterampilan 4C anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subyeknya 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki – laki dan 9 anak perempuan di kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan awal dan akhir dari pembelajaran metode proyek terhadap peningkatan keterampilan 4C anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dalam Critical Thinking, kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat dari 0% menjadi 40%, sedangkan Belum Berkembang (BB) menurun dari 33,33% menjadi 0%. Pada aspek Collaboration, kategori BSB meningkat dari 0% menjadi 60%, sementara BB turun dari 26,67% menjadi 0%. Dalam aspek Communication, BSB naik dari 0% menjadi 66,67%, dan BB berkurang dari 40% menjadi 0%. Sementara itu, pada aspek Creativity, BSB meningkat dari 0% menjadi 46,67%, dan BB turun drastis dari 66,67% menjadi 0%. Selajutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji – t. Sesuai hasil perhitungan data uji – t, diketahui bahwa nilai t hitung 16.509 > t tabel 1.57963 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena ada perbedaan rata – rata hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan keterampilan 4C di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Kata Kunci : Metode Proyek, Keterampilan 4C

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up