Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU
Nama: RIKA AFIANTI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Rika Afianti (2025). “Pengembangan Pendekatan Saintifik Berbasis Digital Terhadap Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Bolano Lambunu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulaku. Pembimbing (1) Andi Agusniatih, Pembimbing (2) Sita Awalunisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan pendekatan saintifik berbasis digital terhadap pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri 1 Bolano Lambunu, Kecamatan Bolano Lambunu, Kabupaten Parigi Moutong, dengan subjek penelitian seluruh anak di kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R &D) ini dilakukan untuk proses pengembangan pendekatan saintifik berbasis digital untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Bolano Lambunu. Berdasarkan penilaian ahli materi anak usia dini, ahli sains dan ahli media digital, dan diuji cobakan kepada anak kelompok B. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Ahli materi anak usia dini menunjukkan skor 93,75% sedangkan ahli sains menunjukkan skor 96,42?n ahli media digital menunjukkan skor 86,15?ngan kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Setelah dilakukan uji coba kepada anak dengan 4 tahapan perkembangan yang ingin distimulasi yaitu tahapan mengenal, mengelompokkan, melakukan dan tahapan mengkomunikasikan. Menunjukkan bahwa produk pembelajaran sains berbasis digital dengan pendekatan saintifik dikatakan layak dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Digital, Pembelajaran Sains ABSTRACT Rika Afianti (2025). “Development of a Digital-Based Scientific Approach to Science Learning for 5-6 Year Old Children at TK Negeri 1 Bolano Lambunu.” Undergraduate Thesis, Early Childhood Teacher Education Study Program, Department of Education Science, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisors: (1) Andi Agusniatih, (2) Sita Awalunisah. This study aims to determine the development process and feasibility of a digital-based scientific approach to science learning for children aged 5-6 years. The research was conducted at TK Negeri 1 Bolano Lambunu, Bolano Lambunu District, Parigi Moutong Regency, with the subjects being all children in group B. The method used in this research is Research and Development (R&D) to develop a digital-based scientific approach for children aged 5-6 years at TK Negeri 1 Bolano Lambunu. Based on assessments from early childhood material experts, science experts, and digital media experts, the model used in this research and development is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The early childhood material expert scored 93.75%, the science expert scored 96.42%, and the digital media expert scored 86.15%, all categorized as very valid and usable without revisions. After trials with children focusing on four developmental stages—recognizing, grouping, performing, and communicating—the results indicate that the digital-based science learning product with a scientific approach is deemed feasible, categorized as very valid, and can be used for science learning for children aged 5-6 years. Keywords: Scientific Approach, Digital, Science Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up