JudulKEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP NILAI MORAL ANAK DI KELOMPOK B TK BUNGAMPUTI |
Nama: JESISCA LANDEWANG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Jesisca Landewang, 2025. Keefektifan Metode Bermain Peran Terhadap Nilai Moral Anak di Kelompok B TK Bungamputi. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Amrullah S.Pd., M.Pd pembimbing II Nur Istiana, S.Pd., M.Pd. dan penguji Prof. Dr. Nurhayati, S,Ag., M.Pd.I Nilai moral pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter, khususnya pada aspek berperilaku sopan, berperilaku penolong dan menjaga kebersihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran terhadap nilai moral anak di kelompok B TK Bungamputi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen sederhana. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan nilai moral sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa bermain peran sebagai dokter dan pasien, penjual dan pembeli serta bermain peran sebagai koki dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai moral anak setelah diberikan perlakuan, sebelum perlakuan sebanyak 46,7% anak berada pada kategori belum berkembang (BB), 40% mulai berkembang (MB), dan hanya 13,3?rkembang sesuai harapan (BSH). Setelah diberikan perlakuan berupa metode bermain peran terjadi peningkatan signifikan, di mana anak pada kategori BB menjadi 0%, BSH meningkat menjadi 33,3%, dan muncul kategori berkembang sangat baik (BSB) sebesar 26,7%. Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam meningkatkan nilai moral anak usia dini. Anak lebih terbiasa menggunakan kata sopan, menunjukkan kepedulian terhadap teman dan kesadaran untuk menjaga kebersihan. Dengan demikian, metode bermain peran terbukti efektif dalam meningkatkan nilai moral anak. Kata Kunci: nilai moral, bermain peran, anak usia dini |