JudulHubungan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Digital Terhadap Perkembangan Nilai Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Melati Desa Petapa |
Nama: ILDA RISKIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abstrak: Ilda Riskia (2025). “Hubungan Terlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Digital Terhadap Perkembangan Nilai Agama Anak Usia 5–6 Tahun di PAUD Melati Desa Petapa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayati, Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Penelitian ini terdapat masalah yaitu mengenai hubungan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital terhadap perkembangan nilai agama anak yang belum berkembang sesuai harapan, yang terlihat saat observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital terhadap perkembangan nilai agama anak usia 5–6 tahun di PAUD Melati Desa Petapa. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods). Subjek penelitian berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan, serta keterlibatan orang tua masing-masing anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang saling menunjang satu sama lain. Berdasarkan hasil, persentase hasil pengamatan nilai agama anak 15 dengan kategori nilai tinggi. Selanjutnya, rata-rata pengamatan perkembangan nilai agama anak mencapai 53,3325?ngan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan posistif antara terlibatan orang tua dalam digital dengan perkembangan nilai agama anak usia 5–6 tahun di PAUD Melati Desa Petapa. Kata Kunci:Terlibatnya Orang Tua, Pembelajaran Digital, Nilai Agama, Anak Usia Dini |