JudulPENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI ANAK DI TK NEGERI PEMBINA MELATI TONDO |
Nama: NURUL RAHMAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurul, 2025. Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Peningkatan Resiliensi Anak di TK Negeri Pembina Melati Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1)Durotunnisa (2)Hesti Putri Setianingsih Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap peningkatan resiliensi anak di TK Negeri Pembina Melati Tondo. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji t. Berdasarkan nilai rata-rata, sebelum diberikan perlakuan, 0% anak berada dalam kategori Sangat Tinggi (ST), 13,33?lam kategori Tinggi (T), 37,78?lam kategori Sedang (S), dan 48,49?lam kategori Rendah (R). Setelah perlakuan, terjadi peningkatan dengan 51,11% anak masuk dalam kategori Sangat Tinggi (ST), 24,44?lam kategori Tinggi (T), 24,44?lam kategori Sedang (S), dan 0?lam kategori Rendah (R). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan memecahkan masalah (problem-solving), keterampilan sosial (social skills), dan optimisme anak setelah mengikuti permainan tradisional lompat tali. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung 10,917, yang lebih besar dari t tabel 1,72654 (10,917 ? 1,72654). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H? ditolak dan H? diterima, yang berarti permainan tradisional lompat tali berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Kata Kunci: Permainan Tradisional Lompat Tali, Resiliensi, Anak Usia Dini |