Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DIGITAL TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA BAGIANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK NEGRI PEMBINA SAMPOROA
Nama: FITRI FADILA
Tahun: 2025
Abstrak
Fitri Fadila, 2025. Efektivitas Media Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital Terhadap Pembentukan Akhlak Mulia Bagi Anak Usia Dini 5-6 Tahun DiTK Negeri Pembina Samporoa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayati, Dosen Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Masalah dalam penelitian ini terletak pada akhlak mulia anak yakni dari aspek sopan santun, patuh/taat dan sikap toleransi yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran pendidikan agama islam berbasis digital efektif terhadap pembentukan akhlak mulia anak usia 5-6 tahun diTK Negeri Pembina Samporoa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatuf deskriptif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 12 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki, dan 6 anak perempuan pada semester genap tahun 2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan mendeskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebelum diberikan perlakuan aspek sopan santun anak 0% tergolong BSB, 25% tergolong BSH, 58,33% tergolong MB, 16,66% tergolong BB. Aspek Patuh/Taat 0 % tergolong BSB,58,33% tergolong BSH, 33,33% tergolong MB, 8,33% tergolong BB. Aspek Sikap Toleransi 0% tergolong BSB, 25% tergolong BSH, 58,33% tergolong MB, 16,66% tergolong BB. Setelah pemberian perlakuan Aspek Sopan Santun 33,33% tergolong BSB, 25% tergolong BSH, 33,33% tergolong MB, 8,33% tergolong BB. Aspek Patuh/Taat 33,33% tergolong BSB, 50% tergolong BSH, 16,66% tergolong MB, 8,33 tergolong BB. Aspek Sikap Toleransi 25% tergolong BSB, 50 % tergolong BSH,16,66% MB, 8,33?. Sedangkan sesuai uji t-hiting> 6.848 t-tabel 1.138 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran pendidikan agama islam berbasis digital efektif terhadap pembentukan akhlak mulia anak terlihat pada perkembangan akhlak mulia anak dalam aspek sopan santun, patuh atau taat dan sikap toleransi. Sebagian besar anak berada pada kategori BSH. Hal ini menunjukkan media pembelajaran berbasis digital (infocus) efektif dalam pembentukan akhlak mulia pada anak. Hal tersebut menunjukan bahwa pembentukan akhlak mulia anak terlihat dengan jelas, dari ketiga aspek yang diamati peneliti, menunjukkan hasil bahwa pengunaan media pembelajaran pendidikan agama islam berbasis digital efektif terhadap pembentukan akhlak mulia anak usia 5-6 tahun diTK Negeri Pembina Samporoa. Kata Kunci : Media Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital, Pembentukan Akhlak Mulia, anak usia dini (AUD)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up