Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Positive Reinforcement Terhadap Kemandirian Anak Di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 16 Palu
Nama: FITRAH NURUL ISTIQOMAH
Tahun: 2025
Abstrak
Fitrah Nurul Istiqomah, 2025. Pengaruh Positive Reinforcement Terhadap Kemandirian Anak di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 16 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Shofiyanti Nur Zuama; (2) Zakiyyatul Imamah; (3) Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini terletak pada kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive reinforcement terhadap kemandirian anak di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 16 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah 16 anak, terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis Paired Sample T Test. Uji analisis Paired Sample T Test dilakukan dengan bantuan program IMB SPSS Statistic. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan pengujian positif berpengaruh terhadap kemandirian anak didik. Hal ini ditunjukkan terdapat nilai signifikan Paired Sample T Test adalah .000, karena nilai signifikan T-Test < 0,05 (.000 < 0,05). Sig < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis berbunyi “Pemberian positive reinforcement terhadap kemandirian anak di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 16 Palu” diterima. Kata Kunci: Positive Reinforcement, Kemandirian, Anak TK

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up