JudulPengaruh Kegiatan Ecoprint Berbahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Negeri 8 Wita Ponda |
Nama: KADEK INTAN PUSPITA SARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Kadek Intan Puspita Sari (2025), Pengaruh Kegiatan Ecoprint Berbahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Negeri 8 Wita Ponda,Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Jurusan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako,Pembimbing(1) Fitriana; (2) Hesti Putri ;(3) Shofiyanti Nur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh aktivitas ecoprint berbasis bahan alam terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5–6 tahun. Pendekatan metode campuran digunakan dengan desain kuasi-eksperimental. Subjek penelitian terdiri dari 28 anak dari Kelompok B di TK Negeri 8 Wita Ponda, dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima perlakuan melalui aktivitas ecoprint selama sepuluh hari, sementara kelompok kontrol terlibat dalam aktivitas rutin tanpa intervensi serupa. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan motorik halus (pretes dan postes), observasi, dokumentasi,dan wawancara.Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan dan Skor N-Gain, sedangkan data kualitatif dianalisis secara tematik. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik halus anak-anak dalam kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai-p < 0,05 dan Skor N-Gain rata-rata 68,4%, yang dikategorikan cukup efektif. Wawancara dengan guru dan kepala sekolah menegaskan bahwa kegiatan ecoprint memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, meningkatkan koordinasi tangan dan jari, serta menumbuhkan kesadaran lingkungan anak-anak. Oleh karena itu, ecoprint dianggap sebagai metode pembelajaran alternatif yang layak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus secara holistik dalam pendidikan anak usia dini. Kata Kunci: Ecoprint, Keterampilan Motorik Halus, Anak Usia Dini, Bahan Alami, Pembelajaran Tematik |