Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK PERMATA BUNDA LOBU MANDIRI KECAMATAN PARIGI BARAT
Nama: SITI NURHALISA LASIKUA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Siti Nurhalisa Lasikua, 2025. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di TK Permata Bunda Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Fitriana. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi dari pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemua dan siklus II dilakukan satu kali pertemuan menggunakan tema ruang angkasa dan sub tema bulan, planet, dan pesawat luar angkasa. Subjek yang diteliti yaitu anak kelompok B yang berusia 4- 5 tahun yang berjumlah 10 anak. Memakai pendekatan kualitatif dan kuantitatif sebagai metode penelitian. Observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dengan melibatkan guru dan kepala TK Permata Bunda Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat. Data dianalisis secara kualitatif untuk menjelaskan rangkaian peristiwa yang terjadi selama kegiatan berlangsung, kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil proses belajar atau membandingkan anak sebelum dan sesudah dilaksanakan penelitian tindakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemandirian anak secara signifikan memberikan perubahan sikap yang ada pada diri anak seperti tanggung jawab, rasa percaya diri semakin meningkat, kemampuan menyampaikan pendapat, pernyataan, dan pertanyaan baik kepada guru maupun sesama teman. Kata Kunci : Pembelajarn Berbasis Proyek, Kemandirian Anak

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up