Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemanfaatan Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa
Nama: MUTMAINNA
Tahun: 2025
Abstrak
MUTMAINNA, 2025. “Pemanfaatan Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA)dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIPUniversitas Tadulako, Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurhayati, S.Ag., M.Pd.I (2) Amrullah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Papan EdukatifMain Anak (PEMA) pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Samporoa, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya serta hambatan dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah 18 anak yang beragama islam. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa guru di TK Negeri Pembina Samporoa dapat memanfaatkan media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak dengan baik, sebelum pembelajaran dimulai guru mengenalkan\ huruf hijaiyah menggunakan media PEMA puzzle dengan membacakan huruf hijaiyah terlebih dahulu dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengucapkan huruf hijaiyah, serta mengajak anak bermain menyusun potongan-potongan puzzle huruf hijaiyah. Melalui PEMA anak dapat berinteraksi langsung dengan media yang bersifat konkret dan mendukung prinsip pembelajaran AUD belajar sambil bermain, sehingga mempermudah pemahaman anak. Meskipun demikian terdapat hambatan seperti beberapa anak yang sulit mengingat huruf hijaiyah, dan keseuaian media dengan jumlah anak, namun diatasi dengan pendekatan individual oleh guru. Hasil penelitian melalui pengamatan minggu pertama sampai minggu kedua, bahwa pemanfaatan media PEMA dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini sangat membantu anak dari 3 aspek yang diamati mengenal bentuk, melafazkan, dan mengetahui huruf hijaiyah secara acak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan interaktif sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Kata Kunci : Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA), Pengenalan Huruf Hijaiyah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up