JudulPengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Negeri 4 Siniu |
Nama: LIAN SAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Lian Safitri (2025) “Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Negeri 4 Siniu”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Durrotunnisa, (2) Amrullah, (3) Andi Aguniatih. Penelitian ini akan membahas mengenai kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan, yang dapat dilihat peneliti melalui observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan finger painting terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil rekapitulasi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dalam aspek kelenturan dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 7% menjadi 71%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 14% menjadi 27%, kategori mulai berkembang (MB) dari 14% menjadi 0%, dan kategori belum berkembang (BB) dari 64% menjadi 0%. Aspek ketepatan anak untuk kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 0% menjadi 64%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 14% menjadi 29%, kategori mulai berkembang (MB) dari 21% menjadi 0%, dan kategori belum berkembang (BB) dari 64% menjadi 0%. Aspek kecepatan anak untuk kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 0% menjadi 36%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 14% menjadi 57%, kategori, mulai berkembang (MB) dari 29% menjadi 7%, dan kategori belum berkembang (BB) dari 64% menjadi 0%. Selanjutnya diketahui bahwa nilai t hitung adalah -13.128 pada uji t tabel bernilai negatif disebabkan karena nilai rata-rata kegiatan sebelum perlakuan lebih rendah dari kegiatan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dilihat dari negatif bermakna positif sehingga nilai thitung 13.128 ? ttabel 1.73046, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan tabel perbandingan diketahui nilai signifikan 0.001 < 0.05 sesuai dengan dasar kemampuan keputusan dalam paired samples test, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak di Kelompok B TK Negeri 4 Siniu. Kata Kunci : Finger painting, Motorik Halus |