JudulPengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Di TK Berdikari Saiti Kabupaten Banggai |
Nama: ADELA TRI MAHARANI PUTRI JAMONG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Adela Tri Maharani Putri Jamong (2025) Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Di TK Berdikari Saiti Kabupaten Banggai, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Durrotunnisa; (2) Hesti Putri Setianingsih; (3) Nurhayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Berdikasri Saiti, Desa Saiti, Kabupaten Banggai. Permasalahan yang diamati yaitu perkembangan bahasa anak usia dini yang belum berkembang secara optimal. Rendahnya kemampuan bahasa khususnya kemampuan berbicara dapat dipengaruhi oleh kurangnya stimulasi terhadap perkembangan bahasa anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media yang disebut flash card yang dapat menstimulus atau meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 10 yang mempunyai masalah pada aspek kemampuan bahasa Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan perbandingan diketahui nilai signifikan 0.00 < 0.05 sesuai dengan dasar kemampuan keputusan dalam paired samples test maka hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan media flash card mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bahasa anak. Kata Kunci: Flash Card, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini |