Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI 2 BOLANO LAMBUNU DESA MARTAPURA
Nama: INTAN NUR AINI
Tahun: 2025
Abstrak
Intan Nur Aini, 2025. “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhada Perkembangan Bahasa Anak di Kelompok B TK Negeri 2 Bolano Lambunu Desa Margapura”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Hesti Putri Setianingsih (2) Sita Awalunisah. Masalah pada penelitian ini terletak pada perkembangan Bahasa anak,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Negeri 2 Bolano Lambunu Desa Margapura. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah 11 anak, yang terdiri dari 4 anak perempuan dan 7anak laki-laki di kelompok. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan Pengujian Kemampuan Berbahasa Anak dalam penelitian ini ada tiga, yaitu aspek menyebutkan kosa kata, menjawab pertanyaan, dan menyusunkalimat sederhana. Sesuai hasil pengamatan pengaruh metode bernyanyi terhadap perkembangan Bahasa, sebagian besar anak berada pada kategori Berkembang Sangat baik (BSB) sekitar (33,33%), (48,49%) pada kategori Berkembang Sesuai Haraparan (BSH), (15,15%) pada kategori Mulai Brkembang (MB), dan ada (3,03%) pada Kategori Belum Berkembang (BB). Hal ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh metode bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa anak. Kata Kunci : pengaruh metode bernyanyi,kemampuan berbahasa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up