JudulPENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN LITERASI ANAK KELOMPOK B PAUD MUTIARA HATI KOTA POSO |
Nama: MIFTAHULJANNAH ABDUH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Miftahuljannah Abduh, 2025. “Pengembangan Modul Ajar Berbasi Kurikulum Merdeka dalam Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak Kelompok B PAUD Mutiara Hati Kota Poso.” Skripsi. Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Fitriana (3) Shofiyanti Nur Zuama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana modul ajar berbasis kurikulum merdeka dapat menstimulasi perkembangan literasi anak di kelompok B PAUD Mutiara Hati Kota Poso. Subjek penelitian yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan instrumen penelitian. Metode dan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan tahap Evaluation. Pengelolaan data dilakukan dengan menghitung hasil nilai validasi dari validator ahli psikologi dan praktisi PAUD menggunakan lembar angket validasi. Rata-rata penilaian validator ahli psikologi sebesar 95,5?ngan predikat sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian, rata-rata penilaian validator ahli praktisi PAUD sebesar 86,5?ngan hasil predikat sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa modul ajar berbasis kurikulum merdeka dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan literasi anak usia dini. Kata Kunci: Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Literasi |