JudulPengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Nilai Karakter Anak Di Kelompok B Tk Idhata Desa Beka |
Nama: SALSABILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak SALSABILA (2024) Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Nilai Karakter Anak Di Kelompok B Tk Idhata Beka. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, (1) Andi Agusniatih. (2) Hesti Puri Setianingsih. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan permainan tradisional congklak dan apakah ada pengaruh permainan tradisional congklak terhadap nilai karakter anak, adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak didik di kelompok B Tk Indhata Beka yang berjumblah 15 anak, terdiri 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan, terdaftar pada tahun akademik 2023-2024. Dan dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian pada minggu pertama menunjukan bahwa pada aspek taat aturan permainan (0%) kategori berkembang sangat baik (BSB), (20%) kategori berkembang sesuai harapan ( BSH ), (46,66%) kategori mulai berkembang (MB), dan (33,33%) kategori belum berkembang (BB), aspek kerja sama (6,66%) kategori berkembang sangat baik (BSB), (26,66%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), (33,33%) kategori belum berkembang (MB), dan (33,33%) kategori belum berkembang (BB), dan aspek bertanggung jawab (13,33%) kategori berkembang sangat baik (BSB), (13,33%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), (26,66%) kategori mulai berkembang (MB), dan (46,66%) kategori belum berkembang (BB). Setelah penggunaan permainan tradisional congklak pada minggu kedua peningkatan yang signifikan, aspek taat aturan permainan (33,33%) kategori berkembang sangat baik (BSB), (46,66%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), (20%) kategori mulai berkembang (MB), dan (0%) kategori belum berkembang (BB), aspek kerja sama (33,33%) kategori berkembang susuai harapan (BSH), (40%) bategori berkembang sesuai harapan (BSH), (26,66%) kategori mulai berkembang (MB), dan (0%) kategori belum berkembang (BB), dan aspek bertanggung bertanggung jawab (26,66%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), (46,66%) kategori berkembang sesuai harapan (BSH), (26,66%) kategori mulai berkembang (MB), dan (0%) kategori belum berkembang (BB). Oleh karna itu disimpulkan bahwa pengaruh permainan tradisional congklak dapat mengembangkan nilai karakter anak di kelompok B Tk Idhata Beka. Kata Kunci : Permainan Tradisional Congklak, Nilai Karakter Anak |