JudulPENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI KELOMPOK A TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: LILIS KASIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Lilis Kasiani (2024) “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Di Kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu suwika dan Pembimbing (II) Amrullah dan Penguji (III) Andi Agusniatih Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak belum berkembang dengan baik. Tujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subjeknya seluruh anak kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani yang berjumlah 20 anak, terdiri 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan cara obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya di analisis dengan teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan media audio visual terhadap kemampuan berhitung permulaan anak menunjukan bahwa pada aspek menyebutkan angka 1 sampai dengan 20, 0 anak (0%) dalam kategori (BSB), ada 3 anak (15%) dalam kategori (BSH), ada 7 anak (35%) dalam kategori (MB), dan 10 anak (50%) dalam kategori (BB). Mengurutkan angka 1 sampai dengan 20, 0 anak (0%) dalam kategori (BSB), ada 3 anak (15%) dalam kategori (BSH), ada 9 anak (45%) dalam kategori (MB), dan 8 anak (40%) dalam kategori (BB). Menghubungkan benda dengan gambar angka 0 anak (0%) dalam kategori (BSB), ada 4 anak (20%) dalam kategori (BSH), ada 11 anak (55%) dalam kategori (MB), ada 5 anak (25%) dalam kategori (BB). Setelah diberikan perlakuan tentang kemampuan berhitung permulaan anak pada aspek menyebutkan angka 1 sampai dengan 20, terdapat 11 anak (55%) dalam kategori (BSB), ada 7 anak (35%) dalam kategori ( BSH), ada 2 anak (10%) dalam kategori (MB), dan 0 anak (0%) dalam kategori (BB). Mengurutkan angka 1 sampai dengan 20, terdapat 10 anak (50%) dalam kategori (BSB), ada 9 anak (45%) dalam kategori BSH), ada 1 anak (5%) dalam kategori (MB), dan 0 anak (0%) dalam kategori (BB). Menghubungkan benda dengan gambar angka terdapat 14 anak (70%) dalam kategori (BSB), ada 5 anak (25%) dalam kategori (BSH), ada 1 anak (5%) dalam kategori (MB), dan 0 anak (0%) dalam kategori (BB). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh media audio visual terhadap kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A TK Negeri Model Terpadu Madani. Kata Kunci : Media Audio Visual, Kemampuan Berhitung Permulaan Anak |