JudulPengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Dikelompok B TK Pertiwi Palu |
Nama: ROSALINDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAKRosalinda (2024) “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Dikelompok B Tk Pertiwi Palu”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Amrullah, Pembimbing II: Hesti Putri SetianingsihPenelitian ini fokus pada masalah keterampilan sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan sosial anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi keterampilan sosial anak sebelum diberikan perlakuan berupa pembelajaran berbasis proyek, terdapat 6,66?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 19,99?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 35,55?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 37,77?lam kategori Belum Berkembang (BB). Setelah diberikan perlakuan diperoleh hasil terdapat 31,10?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 44,44?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ada 24,44?lam kategori Mulai Berkembang (MB), terdapat 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan uji-t sesuai hasil data perhitungan uji-t, dapat dijelaskan nilai thitung -12.336 > t tabel 1.76131 dan nilai signifikasi 0.001 < 0,05maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Dikelompok B Tk Pertiwi PaluKata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini |