JudulPengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani |
Nama: SURIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Suriani, (2024) “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Taman Kanak-Kanak Kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih dan Pembimbing (II) Fitriana. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah karakter profil pelajar Pancasila anak belum berkembang dengan baik. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap pengenalan karakter profil pelajar Pancasila anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyeknya seluruh anak kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani yang berjumlah 14 anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan media video pembelajaran terhadap pengenalan karakter profil pelajar Pancasila menunjukan bahwa pada aspek bergotong royong, 0 anak (0%) dalam kategori (BSB), ada 3 anak (21,4%) dalam kategori (BSH), ada 5 anak (35,7%) dalam kategori (MB), dan 6 anak (42,9%) dalam kategori (BB). Kreatif, 0 anak (0%) dalam kategori (BSB), ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BSH), ada 6 anak (42,9%) dalam kategori (MB), dan ada 7 anak (50%) dalam kategori (BB). Kritis terdapat 1 anak (7,1%) dalam (BSB), ada 2 anak (14,3%) dalam kategori (BSH), ada 5 anak (35,7%) dalam kategori (MB), dan ada 6 anak (42,9%) dalam kategori (BB). Setelah diberikan perlakuan tentang pengenalan karakter profil pelajar Pancasila pada aspek bergotong royong, terdapat 4 anak (28,6%) dalam kategori (BSB), ada 6 anak (42,9%) dalam kategori (BSH), ada 3 anak (21,4%) dalam kategori (MB), dan ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BB). Kreatif terdapat 7 anak (50%) dalam kategori (BSB), ada 4 anak (28,6%) dalam kategori (BSH), ada 2 anak (14,3%) dalam kategori (MB), dan ada 1 anak (7,1%) dalam kategori (BB). Kritis terdapat 7 anak (50%) dalam kategori (BSB), ada 4 anak (28,6%) dalam kategori (BSH), ada 3 anak (21,4%) dalam kategori (MB), dan 0 anak (0%) dalam kategori (BB). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh media video pembelajaran dapat mengembangkan pengenalan karakter profil pelajar Pancasila anak di kelompok B TK Negeri Model Terpadu Madani. Kata Kunci : Media Video, Pengenalan Karakter Profil Pelajar Pancasila, Anak Usia Din |