JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Lisan Di Kelompok B TK GKST Imanuel Taripa |
Nama: YENLITHA TONGENA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Yenlitha Tongena, (2024) “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Lisan Di Kelompok B TK GKST Imanuel Taripa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Fitriana dan Pembimbing (II) Hesti Putri Setianingsih. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemampuan anak berbahasa lisan belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa lisan di kelompok B TK GKST Imanuel Taripa. Metode penelitian ini kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjeknya 14 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, terdaftar pada tahun 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan melalui persentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan berbahasa anak sebelum diberikan perlakuan berupa metode bercerita, dalam tiga aspek yang telah diamati, tidak ada anak 0?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 26,20% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ada 40,47% kategori Mulai Berkembang (MB), dan 33,33% kategori Belum Berkembang (BB). Sesudah diberikan perlakuan berupa metode bercerita, dalam tiga aspek yang telah diamati, ada 23,80?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 42,25% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ada 23,80% kategori Mulai Berkembang (MB), dan 7,15% kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t (paired sampel t-tes). Berdasarkan hasil data perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (3,911 > 1,770). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima, dengan demikian terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa anak. Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa Lisan, Anak Usia Dini |